Ikan Asap Dari Desa Kebundamar

0
1088
Info Lamtim,Berita Lamtim,Media Lampung Timur,Ikan Asap Lampung Timur,Berita Online Lampung Timur, Portal Online Lampung
Pengolahan Ikan Asap Desa Kebundamar Kecamatan Matarambaru Lampung Timur

RUBRIK,LAMTIM – Usaha rumahan berupa ikan asapan menjadi tambatan  perekonomian warga  Desa Kebun Damar  Kecamatan Mataram Baru Lampung Timur.

Setidaknya ada sekitar  20 kepala keluarga di Desa Kebun Damar  melakoni usaha kecil dengan mengelola  ikan asap sejak puluhan tahun silam.

Bahkan ada seorang nenek berusia 60 tahun, bernama Mariyamah masih menekuni usahanya sejak 40 tahun lal, atau sekitar tahun 1980 silam.

Dengan penuh kesabaran dan alat sederhana, para pembuat ikan asap ini sehari-hari mengolah ikan asap dari hasil membeli di pengepul ikan sekitar desa yang  diperoleh dari perairan laut Labuhan Maringgai.  biasanya untuk ikan asap ini mereka  memilih ikan  pari atau ikan peh, selain murah,ikan ini paling diminati oleh bembeli karena kelezatannya.

Biasanya pengusaha ikap asap  memasarkan hasil produksi  disejumlah pasar -pasar tradisional,warung,dan rumah makan  di Lampung Timur.

Menurut  pengusaha ikan asap Agus,dalam sehari biasanya usaha ikan asap nya bisa memproduksi  sekita 1,5 kuintal ikan dengan belanja modal 1 juta rupiah  dan bisa meraup keuntungan  sekitar 20 persen dari modal atau dua ratus ribu rupiah. Dengan harga jual tiga puluh ribu per kilonya.

“kl mnegok sejarah sudah lama usaha ikan asap ini,dengan modal mandiri dengan pemasaran di pasar-pasar dan warung-warung kisaran Kabupaten  Lampung Timur,” ujar Agus.(red)

LEAVE A REPLY