Hubungan Kopi dengan Kesehatan

0
2543
Manfaat kopi bagi kesehatan. | ist

Rubrikmedia.com, Lifestyle – Siapa yang tak kenal kopi. Minuman berwarna hitam pekat itu kerap menjadi ‘teman’ kala sedang beraktivitas.

Bagi penggemar maupun penikmat kopi, minuman itu cocok disandingkan bersama kudapan saat tengah bersantai dan dikaitkan sebagai penghilang rasa kantuk.

Selain menghentikan kantuk, kopi jika dikonsumsi dengan cara benar memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Dirangkum dari republika.co.id, kandungan nutrisi dan antioksidannya sangat baik untuk kesehatan. Berikut beberapa khasiat kopi hitam yang perlu Anda ketahui:

  1. Meningkatkan kemampuan memori

Meminum kopi hitam di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam membantu otak tetap aktif dan membantu meningkatkan daya ingat.

2. Meningkatkan kinerja fisik

Salah satu keuntungan terbesar dan terbaik dari kopi hitam adalah meningkatkan kinerja fisik Anda secara drastis. Inilah alasan mengapa saat akan berolahraga meminum secangkir kopi hitam. Kopi hitam bekerja dengan meningkatkan kadar Epinefrin (Adrenalin) dalam darah yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang hebat.

3. Baik untuk hati

Hati adalah salah satu organ vital tubuh karena melakukan begitu banyak fungsi penting. Mengonsumsi kopi hitam membantu mencegah kanker hati, hepatitis, penyakit hati berlemak dan sirosis alkohol.

4. Membuat Anda jadi lebih cerdas

Kopi memiliki stimulan psikoaktif yang bila bereaksi dengan tubuh, memiliki kemampuan untuk memperbaiki energi, mood, fungsi kognitif dan dengan demikian membuat Anda cerdas selama periode waktu tertentu.

5. Membantu menurunkan berat badan

Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen. Kopi hitam juga dapat membakar lemak di perut.

6. Mengurangi resiko diabetes dan kanker

Minum kopi setiap hari membantu mengurangi risiko diabetes yang di kemudian hari dapat menyebabkan kerusakan organ dan penyakit jantung. Kopi membantu mengendalikan diabetes dengan meningkatkan produksi insulin. Sedangkan senyawa dalam kopi membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker hati, payudara, usus besar dan dubur. Kopi hitam mengurangi peradangan yang merupakan salah satu alasan utama dibalik perkembangan tumor. (*)

LEAVE A REPLY