Hanya Berselang 2 Menit, Indonesia Alami Gempa di Dua Wilayah

0
1301
gempa, sumatera dan jawa, ketua BNPB, tidak berpotensi Tsunami
gempa terjadi di dua wilayah yaitu Sumatera dan Jawa pada Kamis (30/4)/ Sumber: galamedianews.com

RUBRIK, JAKARTA- Pada Kamis (30/4) sore terjadi gempa bumi di dua wilayah yaitu Sumatera dan Jawa dalam waktu selang waktu dua menit.

Mengutip IDN Times, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan bahwa gempa yang terjadi di dua wilayah tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Ia melanjutkan bahwa gempa pertama terjadi pada pukul 15.20 WIB dengan berkekuatan 5,6 magintudo. Gempa dengan kedalaman 10 km itu berada di koordinat 24 km barat laut Padang Lawas, 33 km barat laut Mandailing Natal, 36 km tenggara Padang Sidempuan di wilayah Sumatera Utara.

“BMKG merilis bahwa kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami,” Kata Agus.

Menurut Agus, gempa ini dirasakan kuat masyarakat di Padang Lawas dan Padang Sidempuan. Warga sempat panik saat terjadi goncangan. Sedangkan, di Mandailing Natal, warga merasakan getaran sedang.

Kemudian berselang 2 menit setelah gempa di Sumetera, terjadi juga gempa di wilayah Jawa pada pukul 15.22 WIB dengan berkekuatan 5,0 magnituo dan berada di kedalaman 24 km.

Agus melanjukan bahwa titik episenter gempa berada 48 km tenggara Kabupaten Sukabumi, 58 km barat daya Kota Sukabumi, Jawa Barat, serta 71 km tenggara Bayah, Banten. Masyarakat di Kabupaten Sukabumi merasakan getaran berkekuatan sedang selama 1 hingga 2 detik. (dw/us)

LEAVE A REPLY