Hai Mom, Jangan Simpan Jenis Makanan Ini dalam Kulkas Ya!

0
1270
Ilustrasi. Makanan dalam kulkas. | ist

Rubrikmedia.com, Lifestyle – Bagi anda kaum ibu, sebaiknya jangan menyimpan beberapa jenis makanan ini dalam kulkas. Selain tak menambah kesegaran, menyimpan makanan di dalam kulkas justru membuatnya malah cepat rusak, bahkan berdampak buruk buat kesehatan.

Banyak orang yang belum memahami bahwa tak semua makanan bisa disimpan di dalam kulkas.

Hal ini dapat mengurangi kandungan nutrisi yang ada, bila disimpan di dalam kulkas. Berikut ini daftar sejumlah yang tak boleh disimpan dalam kulkas, seperti dikutip dari Tempo.co.

Buah aprikot, pisang, kiwi, persik, mangga
Simpan buah-buahan ini sampai matang, tapi bukan di kulkas karena akan mengurangi nutrisinya.

Semangka
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, semangka kehilangan zat antioksidan, yakni likopen dan beta-karoten, ketika dimasukkan ke kulkas. Simpanlah semangka yang masih bulat di udara terbuka. Bila ingin menyimpan buah yang sudah dipotong-potong, jangan lupa membungkusnya lebih dulu.

Kentang
Kentang juga sebaiknya disimpan di tempat yang kering, sejuk, dan gelap, serta tak perlu dicuci. Menyimpan kentang dalam keadaan sudah dicuci akan membuatnya layu dan cepat busuk.

Bawang
Jangan pernah menyimpan bawang yang belum dikupas di kulkas. Menurut Asosiasi Bawang Nasional di Amerika Serikat, bawang yang belum dikupas justru butuh udara terbuka agar tetap segar. Sedangkan bawang putih sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan gelap. Bila dimasukkan ke kulkas justru akan tumbuh tunas.

Madu
Menyimpan madu dalam lemari es akan merusak kadar pH asam dan gulanya mengkristal.

Kopi
Bubuk atau biji kopi harus disimpan di wadah tertutup yang kedap udara. Lebih baik lagi ditaruh di tempat yang kering dan gelap untuk menjaga kesegaran dan rasanya.

LEAVE A REPLY