Hadapi MEA, Ribuan Pelajar dan Pemuda Lampung Tengah Dilatih Kewirausahaan

0
528

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Pemkab Lampung Tengah membekali ribuan pelajar dan pemuda di kabupaten setempat dengan ilmu entrepreneurship. Pemkab menggandeng Indonesia Enterpreneur Club (IEC) untuk melatih pemuda berwirausaha.

Pelatihan perdana diberikan kepada 1.600 pelajar dan pemuda dengan mendatangkan motivator muda Indonesia Mr Syafi’i Efendi di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Sabtu (1/10/2016). Pada pelatihan tersebut, pemuda dibangun mentalnya untuk mempersiapkan diri menjadi pengusaha dan menciptakan peluang kerja.

“Ini sebagai langkah kami menyiapkan generasi-generasi yang siap menghadapi persaingan global saat ini, baik tenaga kerja, skill maupun kewirausahaan. Jangan sampai pelajar dan pemuda tidak memiliki bekal apa-apa, sementara saat ini kita tidak hanya bersaing dengan tenaga lokal tetapi juga asing,” ungkap Bupati Lampung Tengah Mustafa saat membuka acara tersebut.

Dia menambahkan, upaya pemberdayaan pemuda juga akan dilakukan Pemkab dengan memanfaatkan tenaga-tenaga muda di Lampung Tengah untuk beberapa proyek di Bumi Beguai Jejamo Wawai.

“Ini sedang kita rancang, kita akan memberdayakan pemuda-pemuda agar memiliki kreativitas dan bermental pengusaha,” imbuhnya.

Pemkab Lampung Tengah, lanjut Mustafa, juga telah memberikan ratusan beasiswa kepada pelajar-pelajar berprestasi di Lampung Tengah yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, baik lokal maupun luar negeri.

Pelajar dan pemuda sendiri diharapkan termotivasi untuk menjadi generasi terbaik, yang berprestasi dan mampu berkontribusi membangun daerahnya.

“Maju mundurnya daerah ada di pundak pemuda. Karenanya sebagai agent of change, pemuda Lampung Tengah saya harap punya visi untuk membangun masa depannya dan berbuat untuk tanah kelahirannya. Jadilah pemuda yang berprestasi,” tegas bupati muda ini.

Sementara itu, Manajer Area IEC Lampung Tengah Yogi Angga Pranatama menjelaskan, pihaknya sengaja mendatangkan motivator muda dan sukses agar terbangun mental pemuda di Lampung Tengah menjadi pengusaha sukses di usia muda.

“Dari pelatihan ini, poin utama yang ingin kita bangun adalah pola pikir atau mental pemuda. Mindset yang ingin kita bentuk adalah mari kita tergerak untuk berwirausaha sejak dini. Hilangkan focus mencari pekerjaan, tetapi menciptakan lapangan kerja,” jelas Yogi.

Dengan adanya support dari pemerintah, dia berharap pelatihan ini dapat dilakukan secara kontinue Targetnya, kata dia, akan lahir wirausahawan-wirausahawan muda di Lampung Tengah.

“Kami ingin mengajak pemuda agar berjiwa produktif. Karenanya kami harap kerjasama ini bisa berkelanjutan,” harapnya.(*)

 

LEAVE A REPLY