Gajah Liar di Hutan Way Kambas Tersisa 247 Ekor

1
1740

RUBRIK, LAMPUNG TIMUR – Wildlife Coservation Socities (WCS)Indonesia menyebut populasi gajah liar di hutan Taman Nasional Way Kambas, Provinsi Lampung, saat ini tersisa 247 ekor.

Jumlah itu kemungkinan lebih sedikit dari perkiraan menyusul maraknya perburuan gajah guna diambil gading dan giginya oleh pemburu, kata Sugiyo, anggota Wildlife Coservation Socities (WCSI Indonesia di Lampung Timur, Minggu (29/2/2016).

Dia menyebutkan hasil survei WCS tahun 2002 jumlah gajah liar di hutan TNWK sebanyak 220 ekor.

Jumlah itu meningkat lebih banyak pada tahun berikutnya. Hasil survei di tahun 2010 disebutkanya jumlah populasinya berjumlah 247 ekor.
Dengan hasil olah DNA jumlah populasi gajah betina lebih banyak dibanding jantan dengan sexratio satu berbanding enam (1:6).

“Artinya populasi gajah betinya lebih banyak dibanding jantan dari hasil test DNA yang selesai tahun 2015 dari survei tahun 2010,” jelasnya.

Tapi, menurut aktivis WCS ini, jumlah itu saat ini mungkin saja lebih sedikit dari sebelumnya mengingat maraknya perburuan gajah di dalam hutan konservasi ini.(rubrikmedia)

1 KOMENTAR

  1. Taman wisata Gajah di Way kambas adalah satu2nya taman Gajah di Indonesia.Mari kita lestarikan.coba tmptnya diperindah dg fasilitas yg nyaman,jauhdari Premanise lingkungan yg ramah,aman nyaman,bila perlu sediakan kantin2 yg murah meriah pasti akan cepet maju,kalau kita ingin daerah kita maju,Lampung ayo maju kembangkan potensi wisata yg siiip ini

LEAVE A REPLY