Festival Kebangsaan, 9 Etnis Nyatakan Deklarasi Damai

0
1247
Info Lamtim, Media Lampung Tinur, Portal Online, Media Oine Lampung
Bupati Lamtim beserta Isteri menari di pertunjukan Festival Kebangsaan. Fto/rubrik
 RUBRIK, LAMPUNG TIMUR – Sebagai bentuk kemajemukan yang menandakan Bhinneka Tunggal Ika, Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lampung Timur menggelar event Festival Kebangsaan di Kecamatan Sukada desa Sukada Darat. Minggu (25/08/2019).
dalam acara Festival Kebangsaan yang dilaksankana di desa Sukadana Darat,tepatnya di Lapangan Unyi depan kantor kecamatan Sukadana Kabuapten Lampung Timur ini dibuka langsung oleh Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari.
Dalam kegitan ini, ditampilkan ragam atraksi kebudayaan dari 9 etnis yang ada di Kabupaten Lampung Timur, acara Festival Kebangsaan ini ditandai dengan  arak-arakan dari gedung sesat melewati  kampung tua Sukadana  hingga finish di pusat acara  depan Kantor Kecamatan sukadana.
selain dihadiri oleh perwakilan 9 Etnis Dan Kepala OPD di Lamtim dan masyarakat yang menyaksikan pertujukan di Festival Kebangsaan Kabupaten Lampung Timur.
Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatakan sebagai warga masyarakat Lampung Timur tentunya kita harus bangga karena daerah kita terdiri dari berbagai macam suku budaya dan etnis.
Zaiful menambahkan sebagai Bupati dirinya harus berdiri tegak di atas semua semua golongan dan semua Ras, Suku serta agama yang ada di Lampung Timur.
Bupti Lampung Timur Zaiful Bokhari juga menegaskan akan memeberikan sangsi tegas kepada oknum – oknum yang mencoba memecah persatuan bangsa, bahka dirinya tak akan memberi ruang siapa saja yang menghabat pembangunan di Kabupaten Lampung Timur.
“Kita hidup di Lampung timur oleh karena kita semua bersaudara, saya juga berharap kepada semua etnis untuk menjaga adat budaya sebagai peninggalan nenek moyang kita agar tetap lestari, saya juga menghimbau kepada warga lampung timur jangan ada yang menghambat pembangunan, mari kita bersatu untuk Lampung Timur yang Sejahtera ,” imbuhnya.
Kepala Badan Kesbangpol Lampung Timur Syahrul Syah, dalam sambutanya mengatakan kegiatan Festival Kebangsaan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada komponen masyarakat bahwa kita di Lampung Timur ini terdiri dari berbagai macam etnis dan penting mempererat tali silaturahmi antar sesama kita demi terciptanya Lampung Timur yang aman dan damai sesuai yang kita inginkan.
Sementara itu perwakilan Etnis Bali l Wayan Sutarja mengatakan kegiatan ini sangat bagus dan ini baru pertama kali dilakukan dikabupaten Lampung Timur.
Dalam Festival Kebangsaan ini,dilangsungkan juga  pendeklarasian damai dari sembilan etnis yang ada dikabupaten Lampung Timur diantaranya, Lampung, Jawa, Sunda, Batak, Minang, Bali, Palembang, Bugis dan Banten.
rentetan atraksi tari budaya dari 9 etnis inipun disuguhkan untuk menghimbur para undangan dalam festival Budaya . Diantaranya Tari Gurau Kembang Teloe dari Etnis Lampung, tari Piring dari etnis Minang, tari Cendrawasih dari etnis Bali, Tari Totor dari etnis Batak, tari Sriwijaya dari etnis Sumatera Selatan, Tari Jaipong dari etnis Sunda, tari Bandrong dri etnis Banten, Tari Pakarena dari etnis Bugis dan Reog Ponorogo dari etnis jawa.
dengan digelaranya festival kebangsaan ini semoga tercipta keamanan dan ketertiban serta persatuan di Kabupaten Lampung Timur.

LEAVE A REPLY