Empat Kabupaten ini Rawan Penderita Stuting

0
1244
Media Lampung, Stuting, Kesehatan Provinsi, Media Online Lampung
Kadis Reihana

RUBRIK,METRO – Data dinas Kesehatan Provinsi Lampung Empat kabupaten di Lampung kategori rawan dengan penderita Stunting atau kekeurangan gizi hingga pertumbuhan anak melambat.Sementara saat ini Kota Metro berada menempati posisi terendah.

Empat kabupten di Lampung yang rawan penyakit stunting rata-rata nilai cukup tinggi tersebut yakni, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Selatan dan Tanggamus.

Kabupaten terdampak stunting tersebut bakal mendapatkan prioritas penanganan nasional dalam intervensi 100 kabupten dan kota oleh Kementerian Kesehatan RI.

Sebelumnya Provinsi Lampung berada di atas rata-rata nasional dengan 42 persen, jauh dari angka standar nasional yakni 30 persen, namun di tahun 2018 berhasil turun di level 27 persen, sementara Kota Metro berada di bawah rata-rata angka Provinsi Lampung yakni 14 persen.
Dinas Kesehatan Provinsi Lampung saat ini selalu berupaya untuk terus menurunkan angka Penderita Stunting di Provinsi Lampung. khususnya bagi generasi muda.” yang paling tinggi itu di Lampung Tengah,Lampung Timur,Lampung Selatan dan Tanggamus,jadi ada empat kabupaten di Lampung,dan paling tinggi di Lampung Tengah,” ujar Kadiskes Provinsi Lampung Reihana.

Stunting sendiri merupakan sebuah kondisi tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi semasa dalam kandungan.

rubrikmedia

LEAVE A REPLY