DRD Ingin Kembalikan Kejayaan Lampung Tengah

0
1451

Lampung Tengah – Bupati Lampung Tengah Loekman djoyosoemarto memimpin rapat evaluasi tentang rekomendasi Dewan Riset Daerah(DRD) dan pelaksanaanya di masing masing organisasi perangkat daerah (OPD) yang mendapatkan tugas untuk mengawal rekomendasi tersebut agar berjalan sesuai dengan target yang telah di tentukan.

Yang tujuan utamanya adalah untuk kesejahteraan masyarakat dan mengembalikan kejayaan Lampung Tengah.

Bupati Loekman Djoyosoemarto menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Dewan Riset Daerah Lampung Tengah yang telah banyak memberikan masukan pemikiran, yang semua tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Lampung Tengah.

Meskipun dalam pelaksanaanya masih ada kendala yang harus di tangani secara serius.

”Kami mengucapkan terimakasih yang tinggi kepada Dewan Riset Daerah yang mana telah banyak memberikan masukan masukan kepada jajaran Pemerintah Daerah Lampung Tengah,semua itu tertuju pada bagaimana meningkatkan perekonomian rakyat di Lampung Tengah.Hanya mungkin dalam pelaksanaanya ada kendala di sana sini yang harus kita tangani secara serius.Mudah mudahan apa yang telah di sampaiakan, Kami akan serius menindak lanjutinya serta mencarikan solusi yang sesuai dengan pelaksanaan kegiatan dan harapan kita semua,” ujar Loekman di ruang rapat BJW rumah dinas Bupati di Gunung Sugih,jumat (2 /5/2019).

Dalam kesempatan tersebut,Bupati Loekman juga menjelaskan beberapa potensi peluang yang dimiliki oleh Lampung Tengah di bidang pertenakan yang peluang peningkatan ekonomi dan juga PAD sangat besar namun di butuhkan regulasi ataupun aturan yang mengikat kepada beberapa pelaku usaha di Lampung Tengah untuk kelanjutannya.

”Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan Dirjen kementerian Peternakan. ada beberapa peluang yang bisa kita manfaatkan salah satunya membuat rumah potong hewan(RPH) namun ini harus di dukung oleh para feedloader yang ada di Lampung Tengah.Untuk itu di butuhkan sedikit penekanan agar mereka nantinya mau memotong hewan ternaknya di Lampung Tengah dan ini sumber PAD yang cukup besar jika di maksimalkan.Maka dari itu kami membutuhkan pemikiran dari anggota Dewan Riset Daerah bagaimana membuat aturan tersebut.Jika ini dapat di laksanakan perekonomian masyarakat kita akan meningkat,karena itu teman teman OPD berbagi tugas saja mana yang dapat di kerjakan dan saling berkoordinasi sehingga ada solusi dan rencana aksi yang jelas,” ucap Loekman.

Dalam rapat evaluasi rekomendasi Dewan Riset Daerah tersebut membahas timeline yang telah di berikan untuk pelaksanan tahapan rekomendasi baik kampung ternak terpadu gotong royong, pengembangan pariwisata situ Tirta Gangga,dan juga warung modern/BUMK berbasis masyarakat(MinangMart) yang telah di lakukan beberapa kali pembahasan dengan masing masing OPD yang menjadi leading sektornya.

Muwasir Subing salah satu anggota DRD Lampung Tengah mengatakan bahwa rapat evaluasi rekomendasi drd secara umum berjalan lancar dan melalui rapat ini berbagai kendala yang di hadapai dapat di ungkapkan ,baik dari salah satu opd maupun lintas opd sehingga dapat di carikan solusinya bersama.

“Secara umum rapat berjalan lancar dan dengan adanya rapat ini segala permasalahan ataupun kendala dapat di ungkapkan .sehingga dengan naiknya kepermukaaan permasalahan yang di hadapi oleh setiap OPD atauapun lintas OPD dapat kita carikan solusinya.Dan Dewan Riset siap membatu dalam mencarikan solusi yang terbaik untuk Lampung Tengah,” terang Musawir Subing.

Musawir menegaskan dengan keberhasilan rekomendasi tersebut ,apa yang telah di cita citakan oleh pimpinan dan daerah dan seluruh masyarakat lampung tengah dapat di wujudkan.Dewan Riset Daerah berharap kejayaan lampung tengah dapat terwujud.

“Dengan keberhasilannya rekomendasi DRD ini apa yang di cita citakan oleh pak Bupati,Sekda,dan seluruh masyarakat Lampung Tengah dapat kita wujudkan.Dan melalui aksi di lapangan apa yang kita lakukan harus ada manfaatnya untuk masyarakat ataupun Pemerintah daerah. Sehinga tujuan pembangunan Lampung Tengah seperti yang harapkan dan di sarankan oleh DRD untuk mengembalikan kejayaan Lampung Tengah bisa benar benar terwujud,” tegas Mantan Sekdakab Lampung Tengah ini.

Untuk itulah Dewan Riset Daerah membutuhkan OPD mempunyai banyak inovasi dan tidak hanya program rutin saja.

“Kita membutuhkan inovasi dari teman teman OPD, karena kalau hanya melaksanakan kegiatan rutin saja,tidak perlu pintar, tamat SMA Saja bisa.Tetapi bagaimana kepala OPD itu berin
ovasi dan berkreasi sehingga anggaran yang ada bisa di manfaatkan secara efisien dan efektif untuk kepentingan masyarakat.dan dampaknya di rasakan oleh masyarakat,Pemerintah Kabupaten,Provinsi ataupun secara Nasional.Jika satu OPD memiliki satu program unggulan,maka jika ada 15 OPD di Kabupaten ,dengan begitu kita memiliki 15 program unggulan dan itu contoh yang sangat luar biasa.itulah yang kita inginkan yakni memacu para OPD untuk berinovasi dan berkreasi lagi,” tutup Musawir Subing. (red)

LEAVE A REPLY