Delilah, Anak Badak Sumatera Rayakan Ulang Tahun Pertama di Taman Nasional Way Kambas

0
897
Badak Way Kambas, Suala Rino Sumatera, Ansalas, Andatu.
Delilah Badak Sumatera genap satu Tahun

RUBRIK, LAMPUNG TIMUR – Badak Sumatera yang diberi nama Delilah genap berusia satu tahun. Anak pasangan Andalas dan Ratu tersebut kini hidup berdua dengan induk betina di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas.

Perayaan hari ulang tahun Delilah yang merupakan dari indukan jantan yang diberi nama Andalas serta induk betina dengan nama Ratu dilaksanakan, Jumat (12/05/2107) di Suaka Rhino Sumatera (SRS) Way Kambas, Lampung Timur

Nama Delilah diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Keberhasilan suaka Rhino Sumatera dalam mengembangbiakan Badak menjadi perhatian dunia internasional termasuk dari organisasi yang menaungi binatang langka khusunya badak dunia.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Kementerian Lingkungan Hidup Agus Justianto mengatakan, populasi badak yang ada di Indonesia tidak banyak.

Oleh karena itu Pemerintah Republik Indonesia sangat mendukung program dalam merawat dan menjaga kelestarian badak, dalam hal ini SRS yang bertempat di Taman Nasional Way Kambas merupakan habitat yang paling cocok untuk penangkaran binatang langka seperti badak ini.

Tercatat tidak lebih dari 100 ekor badak yang ada di Pulau Sumatera. Kelahiran Delilah badak Sumatera pada satu tahun lalu membawa rasa bahagia khususnya warga Lampung dan Pemerintah Republik Indonesia karena menambah populasi badak di dunia.

‘Rasanya kita patut untuk merayakan ulang tahun Delilah yang pertama ini karena kita wajib bersyukur atas keberhasilan SRS dalam pengembangbiakan binatang langka ini,” papar Agus.

Direktur Yayasan Badak Indonesia Widodo mengatakan, badak merupakan binatang yang sangat langka. Untuk itu perlindungan serta pelestarian perlu dilakukan. Untuk sebuah penangkaran yang ideal satu badak minimal dengan luas lahan 20 hektare.

Untuk itu pihak yang terkait akan melakukan percepatan pembangunan penangkaran bagi para badak yang ada di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas guna kelangsungan perkembangbiakan Badak Sumatera.

Proses perluasan dan pembangunan penangkaran Badak di Taman Nasional Way Kambas sudah dimulai sejak April lalu. Targetnya di akhir tahun ini harus bisa selesai.

‚ÄĚPenangkaran badak sudah mulai ditambah dengan membangun di beberapa tempat di sini dengan biaya yang diperoleh dari APBN maupun bantuan dari luar negeri,” pungkas Widodo.

(rubrikmedia)

LEAVE A REPLY