BPN Lampung lakukan penyuluhan program PTSL 

0
1237
Info BPN Lampung, PTSL, Media Lampung , Berita Lampung
Penyuluhan PTSL oleh BPN Lampung

RUBRIK,- LAMTENG – Pertanahan Nasional(BPN)melalui Kantor Wilayah Provinsi Lampung mengadakan sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), kepada masyarakat yang belum memiliki alas hak atas tanahnya.Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya sengketa kepemilikan tanah di tengah masyarakat. Sertifikat tanah ini merupakan salah satu kekuatan hukum atas tanah yang sah dari Pemerintah.
Sosialisasi program PTSL ini yang laksanakan di Balai Kampung Sumber Katon, Kecamatan Seputih Surabaya ini di ikuti oleh masyarakat kampung setempat dengan penuh antusias.

‘’Kegiatan ini adalah penyuluhan dalam rangka kegiatan proses sertifikasi dan distribusi tanah guna memberikan kepastian hukum terhadap obyek tanah yang selama ini di kuasai masyarakat dan belum di berikan kepastian hukum atau sertifikat oleh pemerintah’’.Terang Aan Rosmana selaku Kabid Penantaan Pertanahan Kanwil Provinsi Lampung(11/7/19).

Lebihl lanjut Aan Rosmana menjelaskan bahwa program pemebuatan sertifikat tanah PTSL ini di harapkan mampu untuk mengurangi adanya permasalahan terkait sengketa lahan.

‘’Pemerintah melalui BPN mempunyai program sertifikasi tanah PTSL INI untuk memberikan kepastian hukum bagi masyarakat agar tidak timbul permasalahan.Tahun 2019 ini ada sekitar 20.ribu bidang dan Lampung Tengah sendiri mendapatkan kuota sebanyak 3,815 bidang yang tersebar di beberapa titik salah satunya di Kampung Sumber Katon ini.Seluruhnya biaya dari kegitan ini baik dari penyuluhan sampai penerbitan sertifikat sudah di biayai oleh pemerintah.dan Masyarakat hanya di minta bantuannya untuk melengkapai dokumen yang mereka miliki dalam rangka pemberian kepastian hukumnya. Tetapi untuk kelengkapan administrasinya masyarakat di minta menyipakan sendiri seperti materai dan pemasangan patok.Harapannya jika masyarakat telah memiliki kepasatian hukum atas tanah mlkinya, tidak ada lagi permasaahan sengketa tanah di sini’’,jelas Aan.

Camat Seputih Surabaya Dedi Fadilla menyambut baik adanya penyuluhan program pembuatan sertifikat dari BPN ini.karena di wilayah Seputih Surabaya ini masih banyak terjadi perselisihan terkait masalah tanah.Sehingga dengan adanya pembuatan sertikat ini di harapkan dapat mengurangi permasalahan tersebut.
“Saya sangat senang sekali dengan adanya program PTSL ini, Karena permasalahan tanah di Kecamatan Seputih Surabaya ini sangat banyak sekali, Dengan adanya alas hak sertifikat yang sudah di miliki masyarakat akan mengurangi permasalahan sengketa tanah.Saya minta bantuan kepada seluruh masyarakat yang ikut program ini untuk dapat membantu kepala kampung nya dalam penyiapan dokumen yang di perlukan sehingga program ini berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kita”ujar Dedi Fadilla.

Sedangkan Ade suryaman kepala kampung Sumber Katon menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada BPN yang telah memberikan kepercayaan kepada kampung Sumber Katon untuk mengikuti program sertifikatsi tanah tersebut.
“Saya mewakili seluruh masyarakat Kampung Sumber Katon sangat berterima kasih sekali dengan BPN dan juga Pak Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto yang telah memilih Kampung Sumber Katon dengan di pilih nya untuk program sertifikasi ini.Dan program ini di sambut penuh antusias oleh masyarakat”pungkasnya.(ded)

LEAVE A REPLY