BPBD Lamteng Akan Ajukan Renovasi Aliran Sungai Penyeban Banjir

0
597
Sekertaris BPBD Lamteng Juniar di ruang kerjanya.

RUBRIK.LAMTENG – Akibat banjir yang menggenangi dua 2 (dua) Kecamatan tepatnya di Desa Wates Kecamatan Bumi Ratu Nuban dan Kampung Bekri Kecamatan Bekri beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, akan segera mengambil langkah dengan mengajukan ‎renovasi bantaran aliran sungai Way Serunai dan Way Berunai yang menjadi penyebab kedua kampung tersebut mengalami kebanjiran, melalui Balai Besar Way Seputih dan Way Semangka.

Sekertaris BPBD Lamteng M. Juniar mewakili Kepala BPBD setempat, mengatakan kepada awak media diruang kerjanya, Selasa (13/12/2016).Bahwa pengajuan renovasi aliran sungai Way Serunai dan Way Berunai  sebagai wujud upaya Pemkab Lamteng untuk mengatasi terjadinya banjir dua kampung tersebut . Hal ini juga merupakan, wujud yang dikehendaki oleh Kepala Daerah yaknin bupati, dalam mewujudkan Lamteng yang aman dan bebas dari segala bentuk bencana.

Namun dalam hal ini, kata dia, pihak BPBD Lamteng sifatnya hanya sebatas mengajukan proposal ke Balai Besar Way Seputih dan Way Semangka. Setelah itu Balai Besar akan mengecek kembali hasil yang telah diajukan pihak BPBD,‎baru disana dapat dilaksanakan pembanguannya.

“Disamping itu juga kita harus turun terlebih dahulu kelapangan untuk cek pisik, berapa panjangnya aliran sungai itu. Kalau hanya direnovasi sebagian, tetap saja akan terjadi banjir. Tapi kalau kita cek berapa panjang semua aliran sungai tersebut, maka akan teratasilah banjir itu untuk tahun-tahun yang akan datang,”ujar Juniar.

Untuk pengecekannya sendiri, tutur Juniar, tidak bisa dilakukan pihak BPBD sendiri. Namun BPBD akan langsung melibatkan Dinas Pengairan Lamteng. Sebab, Dinas Pengairan lebih memahami berapa debit dan arus air disungai tersebut, apabila terjadi hujan deras yang akan mengakibatkan kebanjiran.

“Mengingat kondisi cuaca yang saat ini terbilang sangat ekstrim, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Lamteng, khususnya yang ada disekitar bantaran sungai, untuk selalu mewaspadai segala bentuk bencana, terutama banjir untuk itu, janganlah membuang sampah sembarangan, disetiap aliran sungai yang dapat mengakibatkan  terjadinya kebanjiran,”ungkap mantan Sekertaris Dinas Kehutanan Lamteng ini.(ddy)

LEAVE A REPLY