Banyak Haji Lansia, Fraksi Gerindra Usulkan Bangun Eskalator di Wisma Haji Metro

0
765
Anggota Dewan
Paripurna DPRD Kota Metro

RUBRIK, METRO – Fraksi Gerindra DPRD Kota Metro meminta pemerintah setempat dapat membangun eskalator di Wisma Haji Al-Khairiyah di Bumi Sai Wawai. Pasalnya, tidak sedikit dari calon jamaah haji berusia tua sehingga tidak kuat melewati tangga yang terlalu tinggi di wisma tersebut.

”Kami pun mempertanyakan kolam yang ada di Masjid Taqwa itu akan dijadikan apa? Jika tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sebaiknnya segera diubah. Sehingga tidak mengurangi keindahan Masjid Taqwa kita yang menjadi ikon serta tempat wisata religius bagi warga luar Kota Metro,” beber Ariyanto saat membacakan pandangan umum Fraksi Gerindra di Ruang Sidang DPRD, Rabu (29/3/2017).

Sementara Ketua Fraksi Golkar Tondi Nasution meminta agar Pemkot Metro dapat memasang fasilitas wifi di ruang publik. Selain dapat memecah keramaian yang saat ini terpusat di Taman Kota, dengan kemudahan jaringan internet gratis, dapat menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan.

”Masih sangat perlu sarana penunjang untuk memperkuat visi kota pendidikan kita. Seperti teknologi, internet, dan fasilitas komputer khususnya di SD. Lapangan di Kota Metro pun dapat digunakan untuk menunjang konsep kota pariwisata di Kota Metro. Dan anak berkebutuhan khusus pun harus menjadi perhatian pemerintah,” tegasnya.

Sementara Fraksi Demokrat menyoroti masih banyaknya drainase yang harus segera diperbaiki. Melihat seringnya genangan air merendam jalan-jalan protokol pasca hujan deras.

”Ada juga jalannya sudah baik, tetapi belum memiliki drainase. Jika tidak segera diatasi dikhawatirkan menimbulkan persoalan baru. Seperti banjir atau merebaknya DBD akibat banyaknya genangan air,” tukasnya.

Menanggapi masalah drainase, Walikota Metro Achmad Pairin menyadari bahwa dengan cuaca ekstrem saat ini dapat berpotensi menimbulkan genangan air yang menggangu arus lalu-lintas di Kota Metro.

Untuk itu, Pemkot Metro telah memfokuskan pembangunan drainase untuk 2017 dan 2018. Baik melalui program fisik di Kecamatan yang melibatkan masyarakat secara langsung maupun di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang.

”Untuk tangga berjalan atau eskalator wisma haji Al-Khairiyah akan kita sesuaikan dengan keadaan anggaran tahun depan. Mengingat memang keadaan gedung yang cukup tinggi untuk dilalui para lansia dan difabel,” kata dia.

Terkait jaringan internet, Pairin mengaku pihaknya telah memasang wifi di beberapa ruang publik. Seperti di Lapangan Samber, Masjid Taqwa, Taman Merdeka, dan Taman Mulyojati.

”Konsep Wisata Keluarga yang ingin kita capai tahun 2021 adalah wisata yang aman, nyaman dan mengandung unsur edukasi. Untuk itu, taman sebagai ruang publik kita jadikan salah satu destinasi wisata lokal,” tutupnya.(Ars)

LEAVE A REPLY