Buka Musrenbang Tingkat Provinsi, Gubernur Ridho Beberkan Prioritas Pembangunan Lampung Tahun Depan

0
798
Ridho Ficardo, Gubernur Lampung
Gubernur Lampung dan sejumlah kepala daerah.

RUBRIK, BANDAR LAMPUNG – Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Lampung melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Lampung 2017 di Ballroom Hotel The 7 Bandar Lampung, Rabu (5/4/2017).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian proses akhir yang sebelumnya telah dilaksanakan, mulai dari musrenbang di 15 kabupaten/lota yang telah dilaksanakan sejak 1 Maret 2017 di Kota Metro dan berakhir pada 23 Maret 2017 di Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Lampung Tengah.

Taufik Hidayah selaku Kepala Bappeda Provinsi Lampung dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuannya dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukan akhir untuk menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah provinsi dengan arah kebijakan, prioritas, dan sasaran pembangunan nasional, serta usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kabupaten/kota, juga tersedianya bahan penyusunan rancangan akhir RKPD Provinsi Lampung Tahun 2018.

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo membahas terkait Pembangunan prioritas di Provinsi Lampung, antara lain pembangunan jalan Tol Trans Sumatera, pengembangan kawasan industri Lampung, perbaikan sistem penyebrangan  (sailing time) Merak-Bakauheni, dan revitalisasi Bandara Raden Intan (Sky Bridge) menuju Bandara Internasional dan Embarkasih Haji.

“Selanjutnya adalah pembangunan Bendungan Sukoharjo (Way Sekampung) Kabupaten Pringsewu, Bendungan Sukaraja III (Margatiga) Kabupaten Lampung Timur, dan usaha perbaikan Waduk Way Rarem, Way Jepara Batutegi, OP Bendungan Argoguruh,” terang Ridho.

Pemrov, lanjut gubernur, juga akan memikirkan keberlanjutan pembangunan ITERA dan pusat olahraga daerah, ketahanan energi daerah Lampung, pembangunan Short Cut Rejosari – Tarahan Sepanjang ±26 Km, dan pembangunan Double Track Kereta Api Cempaka – Rejosari sepanjang +77,8 Km.

Ridho Ficardo menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk membangun sinergi perencanaan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/lota. Oleh karena itu, ia berharap forum yang dilaksanakan bukan hanya forum seremonial saja. Karena, jika melihat kemampuan fiskal Pemerintah Provinsi Lampung, pemerintah daerah, kabupaten/kota tidak begitu besar.

Untuk itu, lanjut Ridho pentingnya forum ini untuk membangun sinkronisasi, harmonisasi, sinergitas kebijakan strategis daerah dalam rangka memaksimalkan anggaran yang terbatas untuk kesejahteraan rakyat.

Di akhir rangkaian pembukaan Musrenbang, Pemerintah Provinsi Lampung menyerahkan penghargaan Anugerah Pangripta Saburai kepada pemerintah kabupaten/kota yang dinilai telah menyusun dokumen perencanaan dengan baik.

Penerima penghargaan Anugerah Pangripta Saburai 2017 kategori kabupaten antara lain, terbaik 1 Kabupaten Lampung Selatan, terbaik dua Kabupaten Tanggamus, terbaik tiga Kabupaten Lampung Timur. Dan untuk penerima penghargaan Anugerah Pangripta Saburai 2017 kategori Kota diraih oleh Kota Metro.

Ridho mengharapkan, melalui penghargaan tersebut, pemerintah kabupaten/kota dapat lebih termotivasi untuk terus menerus berupaya meningkatkan kualitas perencanaan di masing-masing daerahnya.(*)

LEAVE A REPLY