30 Ribu Warga Belum Miliki Akta Kelahiran, Disdukcapil Pringsewu Jemput Banyak ke Kecamatan dan Kelurahan

0
876

RUBRIK, PRINGSEWU – Sekitar 30 ribu warga usia nol (baru lahir) sampai 18 tahun yang ada di Kabupaten Pringsewu belum memiliki akta kelahiran.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu Hasan Basri, saat ditemui rubrikmedia.com di ruang kerjanya, Rabu (23/8/2017).

“Dengan banyaknya warga usia nol sampai 18 tahun yang belum memiliki akta kelahiran, maka dinas menurunkan tim untuk pelayanan akta kelahiran dari mulai usia nol sampai 18 tahun di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu,” katanya.

Hasan Basri memaparkan, berdasarkan data dinas kependudukan dan pencatatan sipil baru sekitar 75,6 persen dari total 128 ribu warga yang berusia nol sampai 18 tahun tersebut yang memiliki akta kelahiran.

“Dari ini kami mengupayakan pelayanan akta kelahiran dengan cara menjemput bola langsung turun ke lapangan, khususnya bagi anak yang belum memiliki akta kelahiran agar membuat akta kelahiran secara gratis, dan baru empat kecamatan yakni Pringsewu, Pagelaran, Sukoharjo, dan Gadingrejo,” katanya.

Menurutnya, dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu, jumlah anak usia nol sampai 18 tahun yang belum memiliki akta kelahiran berada di Kecamatan Pringsewu.

“Diharapkan dengan jalan langsung turun ke setiap pekon dan kecamatan akan mengetahui berapa yang belum memiliki akta kelahiran, karena mungkin ada yang sudah memiliki akt kelahiran sebelum Pringsewu mekar jadi Kabupaten sendiri,” ujarnya.

Dia juga mengharapkan, kepada masyarakat agar berperan aktif dalam mendukung program dinas kependudukan dan pencatatan sipil untuk mensukseskan program tersebut.(fd)

LEAVE A REPLY