30 Peserta UKW Berjuang Raih Sertifikat Kompeten

0
1264
Info Kota Metro, PWI Lampung, Media Lampung, UKW Metro, Portal Berita Lampung
Peserta Uji Kompetensi Wartawan di Kota Metro

RUBRIK METRO- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) ke XXI di Kota Metro.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel BallRoom Hotel Grand S’kuntum Metro dibuka oleh Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian. Jumat (13/12/2019) .

Bang Yadi (sapaan akarab) selaku Ketua PWI Lampung, dirinya kerap mendapat keluhan perihal etika wartawan. Bahkan menurut pentolan PWI Lampung itu ada sampai  yang memeras narasumber.

Akibat cerita miring tersebut,  Bang Yadi  menekankan kepada seluruh anggota PWI Lampung, agar tetap memegang teguh kode etik jurnalistik dan patuh dengan UU Pers 40 Tahun 1999.

“Saya janji. Akan saya cabut kartu anggotanya ketika diketahui memeras dalam menjalankan aktivitas jurnalistiknya,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bang Yadi juga menyampaikan tentang UKW yang merupakan kewajiban setiap wartawan. Terutama anggota PWI.

Menurutnya, UKW merupakan tolok ukur seorang wartawan apakah berkompeten atau tidak.

“Karenanya saya berpesan kepada peserta UKW untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius dan hati-hati. Karena yang bisa membantu Anda adalah Anda sendiri,” ucapnya.

sebelumnya , Ketua PWI Metro Abdul Wahab dalam sambutanya mengatakan,  Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kota Metro sudah dua kali dilaksanakan. Pertama pada 2012 dan saat ini.

Andul Wahab menjelaskan bahwa  Jumlah peserta yang mengikuti UKW XXI kali ini peserta berjumlah 30 orang dengan rinciannya 18 tingkatan wartawan muda dan 12 jenjang madya.

Sedangkan jumlah anggota PWI Metro saat ini yang berkompeten sebanyak 35 orang terdiri dari 5 Wartawan tingkat Utama, Madya sebanyak 7 orang dan 23 jenjang muda.

” Digelarnya UKW kali ini saya berharap anggota PWI metro bertambah yang berkompeten, kita punya target 50 wartawan yang bergabung di PWI metro berkompeten semua”, ujar Wahab saat menyampaikan sambutan.

“Ini merupakan bentuk komitmen dan konsistensi PWI metro dalam upaya peningkatan kapasitas SDM internal PWI Metro”, tambahnya.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Kota Metro, Nasir A.T. dan Wakil Ketua DPRD Anna Mourinda, Ketua KPU l, dan tamu undangan lainnya.(*)

LEAVE A REPLY