Petani Dapat Bantuan Dari Pemkab Pali Berupan Benih, Pupuk Dan Hand Traktor

0
39
Info PALI, Media Pali
Heri Amalindo Turun ke sawah warga

RUBRIK, PALI, Ditengah pendemi Virus Corona Bupati PALI H Heri Amalindo menyempatkan diri bersilaturahmi sekaligus menyerap aspirasi dan berdialog dengan kelompok tani (Gapoktan) di tiga Desa yang ada di Kecamatan Tanah Abang.

Ditangah hamparan sawa dan kolam ternak ikan di desa Raja, Tanah Abang, puluhan kelompok tani rembuk berlangsung hangat di pematang sawah. Perbincangan petani dengan Bupati, membahas ketersediaan air dan benih, begitu juga peternakan, salah satunya ternak ikan serta muali dari perencanaan masa taman dan panen.

Bupati PALI H Heri Amalindo ketika berdialog dengan para petani di desa Raja.
Bupati PALI H Heri Amalindo mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan petani di Tanah Abang setelah melihat lansung lokasi pertanian yang cukup baik. Meskipun jaringan irigasi belum begitu baik namun kerja keras para petani sudah cukup baik dengan memanfaatkan lahan dan ketersediaan yanv ada. Artinya, para petani yang ada serius dalam bercocok tanam.

“Kalo dilihat kondisi yang ada lahan pertanianya cukup baik khususnya pengelolaan sawah dan ternak ikan. Tinggal lagi adalah indeks tanam yang tadinya hanya bisa sekali setahun menjadi dua kali atau lebih perlu dilakukan atau dipertahankan jika laham sudah bisa produsi lebih dari satu tahun sekali,” ujarnya.

Heri Amalindo menyerahkan bantuan benih, pupuk dan unit traktor secara simbolis kepada kelompok tani.
Ia menjelaskan saat ini masa pendemi physical distancing sejatihnya masyarakat terus mematuhi himbauan pemerintah. Perlu diketahui saat tentunya berdaampak dengan ekonomi global bukan hanya di Kabupaten PALI. Saat ini yang terus bertahan salahsatunya petani dan peternak.

“Jadi berbanggalah jadi petani. Jika serius Corona tidak berdampak. Paling tidak untuk keluarga lebih dari cukup,” ujarnya.

Sementara untuk program kedepan diupayakan peningkatan irigasi. Sehingga diharapkan kedepan tidak menjadi persoalan masalah pasokan air untuk lahan pertanian.

“Jadi kita upayakan membangun infrastruktur yang memadai untuk mewujudkan ketahanan pangan di PALI. Tujuaan supaya total produksi setiap tahunnya tidak menurun,” terang Heri Amalindo seraya miakui, pada musim kemarau selalu defisit air yang mengakibatkan kekeringan dan puso sawah-sawah produktif.

Heri Amalindo juga menuturkan, selain dari program prirotitas infrastruk jalan, pendidikan dan kesehatan, disektor pertanian juga menjadi fokus pemkab PALI dalam RPJMD. Pembangunan pertanian bukan hanya mendukung kepastian persediaan pangan, melainkan juga sebagai motor pertumbuhan ekonomi masyarakan dan pengurangan kemiskinan.Media PALI, Pemkab PALI,

“Jadi kita harapkan dengan mengoptimalkan disektor pertanian, penghasilan petani dan buruh tan tumbuh serta stabilitas harga pangan terjaga,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati PALI melalui Dinas pertanian memberikan bantuan pupuk, traktor dan benih kepada kelompok tani. (ADV/HUMAS)

LEAVE A REPLY